8 Cara Merawat Gearbox & Gearmotors

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai 8 cara merawat gearbox dan gearmotors, mari kita ketahui dulu apa itu gearbox serta fungsinya.

8 cara merawat gearbox dan gearmotor

Apa Itu Gearbox?

Dalam dunia Industri, mesin gearbox dibutuhkan untuk membantu kegiatan produksi. Mesin gearbox membantu mengolah bahan mentah menjadi setengah jadi atau bahkan barang jadi. Gearbox sendiri secara umum diketahui sebagai susunan roda gigi atau gear yang terdapat dalam housing yang memiliki Ratio atau Output Speed Rpm.

Fungsi Gearbox

Setelah mengetahui apa itu gearbox, mari kemudian kita pahami fungsi dari gearbox itu sendiri. Berikut ini beberapa fungsi dari gearbox:

  • Fungsi pertama dari gearbox adalah sebagai reducer speed atau media untuk mengurangi kecepatan dari power utama atau motor induksi agar melakukan putaran sesuai kebutuhan.
  • Fungsi selanjutnya yaitu untuk menyingkronkan kebutuhan putaran yang diperlukan bagi mesin kerja yang bergerak.
  • Gearbox juga berfungsi untuk mengubah kecepatan putaran atau jumlah putaran dari yang Rpm (revolutions per minute) tinggi hingga rendah.
  • Dan terakhir, Gearbox berfungsi untuk merubah beban putar benda kerja yang berat menjadi ringan.

Cara Merawat Gearbox

Sampai sini kita sudah mengerti apa itu gearbox dan fungsinya. Selanjutnya kita akan memahami beberapa tips langkah perawatan mesin gearbox. Sedikitnya ada 8 langkah dalam melakukan perawatan mesin gearbox yaitu sebagai berikut:

1. Cek Kondisi Level Oli pada Gearbox

Lakukanlah cek berkala setiap beberapa bulan sekali sesuai dengan panduan produk / principle product, pastikan kondisi level oli yang terdapat di dalam body unit gearbox. Jika terjadi low level, maka segeralah lakukan isi ulang kembali oli lubrikasi kedalam unit gearbox, dan segera lakukan pemeriksaan apakah terjadi kebocoran atau tidak mengingat kenapa oli bisa berkurang.

2. Cek Kebocoran pada unit gearbox

Lebih lanjut tentang kebocoran, pengecekan ini pada unit gearbox memang sangat penting demi kelangsungan lead time dari gearbox itu sendiri. Area yang harus dipastikan kebocoran adalah bagian oil seal gearbox yang terdapat di input & output shaft. Jika terjadi kebocoran, maka segera atur jadwal untuk melakukan pergantian part oil seal baru dan pastikan tipenya sesuai dengan part number yang terpasang.

3. Cek kondisi aliran sirkulasi oli

Lakukan pengecekan aliran oli pada unit gearbox melalui flow glass yang berada di body unit gearbox, cek apakah didalam gearbox oli itu bisa bersirkulasi normal sesuai settingan atau tidak.

4. Cek Noise pada unit gearbox

Pastikan pada saat kondisi  gearbox sedang Running (berputar), cek apakah terjadi noise atau suara yang tidak biasa / abnormal pada unit gearbox. Jika memang terdengar ada suara / noise yang tidak biasa pada unit gearbox, lakukan pengecekan dengan alat untuk menemukan sumber dari noise tersebut.

Baca Juga: Jual Gearbox Motovario

5. Cek kondisi oli gearbox

Lakukanlah pengecekan secara berkala kondisi oli atau yang bisa juga disebut dengan viscositas oli sesuai dengan panduan. Ambil sampel oli pada gearbox dan cek tingkat kekentalan dari oli tersebut apakah masih layak untuk digunakan atau tidak. Apabila tingkat kekentalan oli sudah tidak lagi memenuhi standar, maka segera lakukan pergantian dengan oli yang baru.

Selain tingkat kekentalan, berikut ini kondisi-kondisi dimana oli perlu diganti:

  • Oli gearbox bercampur dengan air
  • Oli gearbox sudah berubah warna menjadi hitam dan berbau
  • Oli gearbox bercampur dengan serbuk besi
  • Oli gearbox kotor
  • Oli gearbox sudah kadaluarsa dan memang sudah masuk jadwal pergantian oli

6. Cek getaran dan temperatur

Lakukanlah pengecekan secara berkala kondisi getaran / vibrasi pada unit gearbox dengan menggunakan alat khusus untuk mengukur tingkat vibrasi. Semakin kecil nilai vibrasi maka semakin baik kondisi gearbox. Toleransi rata-rata  getaran gearbox adalah 3mm/s.

Baca Juga: Marelli Motori

Lakukan juga pengecekan terhadap temperatur unit gearbox termasuk pada area bearing. Kondisi normal temperatur unit gearbox adalah dibawah 60°C.

jual gearbox

7. Cek filter oli pada unit gearbox

Cek kondisi filter oli setiap 3 bulan sekali sesuai panduan. Pengecekan dapat dilakukan ketika mesin dimatikan atau pada saat jadwal maintenance. Segera bersihkan filter oli yang terdapat kotoran dengan tekanan angin.

Cara mengecek filter oli:

  • Buka casing tutup dari filter oli
  • Lepas filter oli
  • Semprot filter oli dengan tekanan angin hingga bersih

8. Lakukan pengecekan kondisi permukaan dari gigi gearbox

Lakukanlah pengecekan kondisi permukaan gigi dan gear lainnya secara berkala ketika kondisi mesin sedang mati atau saat jadwal maintenance. Apabila terjadi gigi aus atau rusak pada permukaan gear yang bergesekan, lakukan pengecekan dengan cara berikut:

  1. Buka cover unit gearbox dan lakukan cek secara visual apakah ada kerusakan pada gigi/gear gearbox
  2. Putar manual secara pelahan shaft gearbox untuk melihat semua bagian dari permukaan gigi gearbox
  3. Lakukan perbaikan atau penggantian unit jika ditemukan kerusakan

Demikian tadi langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk merawat mesin gearbox dalam upaya penggunaan sesuai standar operasional.

 

Jika anda atau perusahaan anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut mengenai perawatan atau harga gearbox dan gearmotor jangan sungkan untuk hubungi kami.

GearboxElectro.com jual gearbox dibawah PT. Multi Teknik Telaga Indonesia yang merupakan authorized distributor dari brand Motovario Indonesia, MGM Brake Motor, Rossi Gear, & Marelli Motori.

Share ke:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp